Anda berada di mode pratinjau.
| |

Sistem Kabel Komunikasi Laut (SKKL) di Indonesia



Kabel-Laut-Indonesia.png

Infografis di atas disusun sebagai salah satu upaya menginformasikan pada publik berbagai sistem komunikasi kabel laut (SKKL) yang dimiliki operator telekomunikasi di Indonesia. Dalam upaya menyusun data untuk infografis di atas, penulis memperoleh data tentang operator telekomunikasi mana yang mendapatkan hak labuh dari siaran pers di situs Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo).

Lalu, mengenai data tentang kelebihan kabel laut dibandingkan dengan satelit, penulis mendapatkan sumbernya dari situs luar negeri seperti The D Networks dan Mentalfloss. Kedua situs itu menjelaskan bahwa kabel laut memiliki daya laten dan daya transfer yang lebih baik di banding satelit.

Untuk rute kabel komunikasi bawah laut, penulis dapatkan dari laman Submarinecablemap. Informasi tambahan mengenai proyek kabel laut komunikasi yang dikembangkan oleh operator telekomunikasi, penulis dapatkan dari laman ardisragen, beritasatu, dan situs resmi Indosat.

Penulis juga memperoleh data dari Laporan Tahunan Telkom, Indosat, dan XL Axiata yang semuanya terbit di tahun 2014. Semua dokumen laporan tersebut penulis dapatkan di situs resmi masing-masing perusahaan.

Selama meriset tentang SKKL di Indonesia, seluruh data dan informasi penulis dapatkan dari berbagai laman situs yang menyediakan data tentang kabel laut. Kesulitan yang dirasa selama mencari data adalah tidak tersedianya laman basis data berbahasa Indonesia mengenai rute kabel laut di Indonesia secara lengkap.

Tags:

Reza Abdul Aziz
18 Jan 2016


January 2016 | CC BY 4.0