Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Gamifikasi dan Kuis, Cara Rapotivi Mengajak Masyarakat agar Mau Melaporkan Tayangan Tak Sehat



Kami-adalah-Pemilik-Frekuensi-Kami-Berhak-Mendapat-Tayangan-Berkualitas-400x269.jpg

Peluncuran Rapotivi yang diadakan pada tanggal 21 Februari 2015 dan dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara mendapat sambutan positif dari masyarakat, baik yang hadir maupun yang akhirnya mengunduh dan menggunakan aplikasi ini untuk mengadukan tayangan televisi tak sehat.

Setiap aduan yang masuk melalui Rapotivi, setelah lolos verifikasi akan otomatis diteruskan ke email KPI (pengaduan@kpi.go.id). Selain itu, kompilasi aduan dalam kurun waktu satu minggu berjalan akan dikirimkan melalui pos ke kantor sekretariat KPI tiap minggunya. Sementara itu, kompilasi bulanan akan diantar langsung oleh tim Rapotivi kepada Komisioner KPI (Agatha Lily dan S. Rahmat).

Untuk menarik masyarakat agar mau melapor, Tim Rapotivi memberikan hadiah berupa kaos yang diperuntukan bagi pelapor yang telah mencapai poin di atas 100 atau menjadi “Guru Tetap” dalam gamifikasi Rapotivi. Selain itu, setiap dua minggu sekali akan diadakan kuis interkatif di twitter dan facebook Rapotivi dengan hadiah berupa mug.

Kompilasi aduan yang setiap minggunya dikirimkan ke KPI juga dipublikasikan dalam bentuk laporan singkat pada pengguna yang bisa dilihat di sini.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
28 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0