Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Keberhasilan Kerjabilitas.com Jika Dilihat dari Indikator Kesuksesannya



Screen-Shot-2015-07-21-at-7.28.14-PM-400x291.png

Saat mengajukan proposal kepada CMS, Rubby Emir sebagai pemimpin proyek Mitra Kerja Penyandang Disabilitas mengajukan indikator kesuksesan proyeknya sebagai berikut.

  1. Pengguna dari penyandang disabilitas mencapai 1.000 orang setelah proyek berjalan setahun.

  2. Ada 20 pengguna dari penyedia kerja (individu, kelompok usaha atau perusahaan).

  3. Ada 100 konten (teks, multimedia, audio maupun video) untuk pengetahuan kecakapan hidup (life skill) setelah proyek berjalan setahun.

  4. Ada sebuah strategi yang dirancang dan diimplementasikan untuk keberlanjutan program setelah berakhirnya proyek.

Sampai laporan tahap II diberikan (21 September 2015) pengguna Kerjabilitas.com mencapai 400 (pencari kerja), 100 (penyedia kerja) dan total lowongan yang pernah dipublikasikan berjumlah 101. Sementara itu, jumlah pengguna aplikasi Kerjabilitas sebanyak 54 sejak diluncurkan pada Juli 2015. Merujuk pada target capaian yang ditetapkan di proposal, Saujana yakin dapat mencapainya setelah layanan berjalan selama satu tahun karena pada saat ini (6 bulan layanan berjalan) target pengguna layanan telah tercapai sekitar 50%. Tantangan yang lebih besar adalah bagaimana meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna, termasuk meningkatkan tingkat kesuksesan pelamar (dari pelamar menjadi karyawan).

Terkait konten, Saujana telah memproduksi 23 artikel, lima video dokumenter motivasional dan tiga buku elektronik berlisensi bebas. Selain itu, ada dua podcast yang diproduksi sebagai hasil yang tidak direncanakan sebelumnya.

Saujana juga telah merumuskan strategi keberlanjutan proyek dengan menerapkan beberapa model bisnis. Salah satunya adalah merancang beberapa skema perolehan pendapatan lewat akun penyedia kerja. Model ini akan segera diterapkan setelah jumlah pencari kerja mencapai dua kali lipat dari jumlah sekarang, diproyeksikan bisa terjadi dalam 3-4 bulan lagi.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
25 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0