Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pramuka Merelokasi Dana Proyek, Bagaimana Tanggapan Panitia CMS?



Bagaimana-Membuat-Aplikasi-Pramuka-Seluler-Menarik-Untuk-Penggunanya-345x400-dd3fa6.jpg

Pramuka telah menyelesaikan laporan keuangan tahap II dengan sisa saldo sebesar Rp 43,970,500 sekaligus merevisi anggaran untuk penurunan dana tahap III. Namun, panitia CMS menilai anggaran tersebut perlu diubah karena dana paling besar (71 juta) digunakan untuk sosialisasi di enam kota dari total dana yang belum turun (Rp 185.874.400).

Berdasarkan laporan sebelumnya, sebagian besar masalah proyek ada di hal teknis dan admin. Oleh karena itu, panitia CMS menyarankan pembagian anggarannya adalah 40:40:20 (teknis, admin, sosialisasi) dan tidak sebaliknya.

Terkait sosialisasi, tim Pramuka dianjurkan melakukan sosialisasi awal di enam kota. Lalu, mereka harus memilih tiga kota dimana sosialisasi awal berhasil dan melanjutkan lebih dalam lagi.

Satu satunya hal yang sudah disetujui oleh CMS adalah adanya kuis sebelum dan sesudah acara sosialisasi untuk mengukur kepahaman peserta terhadap sosialisasi yang dilakukan. Kuis ini juga sebaiknya diberi insentif pulsa (untuk orang yang mengunduh aplikasi dan memberi masukan di Google Apps) mengingat PanduApps, aplikasi yang dibuat tim Pramuka baru diunduh sekitar 100 dan hanya memiliki 34 ulasan dan ulasan yang terakhir adalah “susah login”.

Menanggapi usulan ini, tim Pramuka sudah bertemu dengan panitia CMS dan mentor di Bandung pada 9 Oktober 2015 lalu.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
21 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0