Anda berada di mode pratinjau.
| |

Kerjabilitas.com, Jejaring Sosial Karir Pertama di Indonesia



Andakah-yang-difasilitasi-oleh-Mitra-Kerja-Penyandang-Disabilitas-400x266-70d43d.jpg

Saujana, penerima hibah CMS yang menjalankan proyek Mitra Kerja Penyandang Disabilitas mengubah keluaran (output) proyek dari sebuah situs direktori lowongan kerja bagi difabel menjadi situs jejaring sosial karier.

Perubahan ini dilakukan agar bisa mengembangkan penggunanya tanpa intervensi yang terlalu besar dari admin. Dalam situs jejaring sosial karier, pengguna bisa mengundang pengguna lain, terhubung, mengikuti akun penyedia kerja dan mendapatkan surel pemberitahuan jika ada lowongan yang sesuai dengan minatnya. Hal ini tidak akan bisa dilakukan apabila situs (dan aplikasinya) statis atau tidak berbasis jejaring sosial. Keputusan itu juga otomatis menjadi nilai lebih dari sistem yang sudah dikembangkan oleh DNetwork Bali.

Situs jejaring sosial karier juga menguntungkan Saujana karena sistem ini bisa diklaim sebagai “jejaring sosial karir pertama di Indonesia” yang biasanya cukup strategis apabila digunakan sebagai jargon dalam pemasaran. Situs jejaring sosial karier yang selanjutnya diberi nama kerjabilitas.com sudah memiliki 106 pengguna, terdiri dari 83 pencari kerja dan 23 penyedia kerja (Data April 2015).

Kerjabilitas.com juga menyediakan konten mengenai kecakapan hidup dan pengembangan diri dalam bentuk teks (tips karier), audio (buku suara) serta video. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan difabel dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Namun, konten buku suara masih jadi tantangan terbesar dalam produksi. Sangat sulit menemukan buku suara berbahasa Indonesia dan berlisensi bebas. Selain itu, produsen buku suara sedikit. Mitra Netra sempat menjadi produsen tunggal sejak 1996 melalui program Daisy Indonesia, tetapi berhenti pada 2007. Saujana sempat menghubungi mereka untuk bekerja sama dalam distribusi konten, tetapi buku suara tersebut hanya disebarkan secara terbatas.

Sulitnya mendapatkan buku suara akhirnya membuat Saujana memproduksinya sendiri dengan membuat studio rekaman mini. Buku suara yang diproduksi Saujana bisa dilihat di sini.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
18 Sep 2015


September 2015 | CC BY 4.0