Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pendidikan Ekonomi Politik bagi Buruh, Pentingkah?



Januari_23_2015_SMC_Pendidikan_ekonomi_politik_dasar-400x257.jpg

Setiap hari Minggu Solidaritas.net Media Center (SMC) rutin mengadakan pendidikan ekonomi politik (ekopol) kepada para buruh. Menurut Sarinah selaku ketua SMC, pendidikan ekonomi politik penting sebagai ilmu untuk menganalisa kondisi pabrik dan sebagai perjuangan dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Pendidikan ekopol ini rata-rata dihadiri oleh 10 orang dan terdiri dari dua sesi. Pada Minggu pertama diberikan materi dasar, seperti sejarah pergerakan buruh, kapitalisme dan analisa proses produksi. Sementara itu, materi pada Minggu kedua mencakup produksi dan distribusi barang dagangan. Ada juga pendidikan mengenai pembukuan perusahaan yang sesekali dilaksanakan, pesertanya bisa mencapai 60 orang.

Saiful Anam, salah satu buruh yang rutin mengikuti pendidikan ekopol mengaku puas dengan materi yang diberikan. Ia pun mempraktikkan ilmu tersebut saat berunding mengenai upah dan bonus dengan manajemen perusahaan.

“Dahsyat juga saat aku praktikkan dengan manajemen perusahaan, aku cukup membaca data yang diberikan perusahaan dan ternyata bedanya cuma 0,3% dari data yang aku ajukan”, ungkap Saiful. Menurutnya, buruh harus belajar ekopol dan tahu tentang pembukuan perusahaan karena hal itu adalah kunci untuk membangkitkan pergerakan massa.

Jika ada buruh yang tertarik mengikuti pendidikan ini bisa menghubungi Solidaritas.net Media Center melalui BBM (7F96324B), SMS/WhatsApp di nomor 0819 4373 7903 atau bisa datang ke sekretariatnya di Ruko Roxy Plaza Jababeka 2, Cikarang.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
5 Apr 2015


April 2015 | CC BY 4.0