Anda berada di mode pratinjau.
| |

Ushaidi : alat bantu interaksi untuk media komunitas dan masyarakat umum



Lapor-Cipta-Media-ushaidi-300x179.png

Pada awal upaya Cipta Media Bersama diluncurkan pada bulan Juli 2011, upaya ini memperkenalkan “ushaidi” sebagai sebuah perangkat lunak yang mengintegrasikan identifikasi lokasi aktivitas, dan berita dari lokasi tersebut. Pada saat hibah terbuka ditutup, perangkat ini telah membantu penyelenggara mengidentifkasi sebaran lokasi dari 820 permintaan hibah yang masuk dari berbagai penjuru di Indonesia.

Kini setelah pengumuman dan 20 penerima hibah telah ditentukan, penyelenggara Cipta Media Bersama merancang cara baru agar suara komunitas dimana organisasi – organisasi penerima hibah ini bekerja dapat dilihat langsung oleh publik (tanpa perantara dan tanpa agenda khusus).

Sebagai bagian dari upaya ini sebuah ushaidi baru kami luncurkan untuk para penerima hibah, sementara publik dapat mengaksesnya melalui www.lapor.ciptamedia.org. dimana ke-20 organisasi penerima hibah telah diberikan nomor telpon lapor di 0877-8880-2262 menggunakan daftar kata kunci yang telah disediakan oleh Air Putih untuk mempermudah penggunaan.Pada tanggal 9 Februari 2012 situs ushaidi ini diuji cobakan untuk pertama kalinya di kantor Air Putih.

Apabila anda tertarik untuk mencoba silahkan kirimkan pesan ke nomor tersebut!

Pada hari yang sama Mba Dian dan Mba Atin dari Radio Buruh Perempuan juga menjalani pelatihan wiki dengan Hendra Prastiawan dari Wikimedia Indonesia, serta membenahi situs web mereka ke alamat http://marsinahfm.wordpress.com/ dibantu oleh desainer web Ciptamedia JJ Adibrata.

Pelatihan-ushaidi-wiki-air-putih-300x153.png

Mereka juga dianjurkan agar menggunakan “facebook komunitas” sehingga penyuka halaman Radio Buruh Perempuan tidak harus menjadi “teman” untuk menyukai halaman organisasi anda, dan administrasi halaman facebook dapat dilakukan oleh lebih dari satu orang agar dapat tertata dengan lebih baik. Facebook Radio Buruh Perempuan kin dapat ditemukan di sini.

Tags:

Cipta Media Bersama
9 Feb 2012


February 2012 | CC BY-SA 3.0